Mengetahui Syarat Kelulusan UKG Online 2013

Pada kesempatan kali ini, Blog Info Sertifikasi Guru akan memberikan ulasan mengenai Mengetahui Syarat Kelulusan UKG Online 2013. Diharapkan dengan membaca ulasan kami ini, bisa memberikan sedikit gambaran dan pemahaman lain tentang UKG Online 2013. Berikut ulasan kami selengkapnya:

Meskipun program sertifikasi guru melalui jalur portofolio dan PLPG yang telah digulirkan oleh pemerintah belum memperlihatkan hasil yang begitu berarti. Kualitas mengajar dan kemampuan akademik guru yang sudah lulus sertifikasi dan menerima Tunjangan Profesional Pendidik (TPP) begitu mengecewakan. Bahkan ketika dilakukan ujicoba Ujian Kompetensi guru (UKG) online terhadap mereka hasilnya sangat buruk yaitu rata-rata secara nasional hanya 44,55. Dan berita yang mengatakan kalau cara mengajar mereka umumnya sama saja baik sebelum bersertifikasi maupun setelah bersertifikasi adalah benar adanya.

Pemerintah tetap melanjutkan program sertifikasi guru melalui jalur portofolio dan PLPG hingga tahun 2015. Hanya saja di 2013 ini ada sedikit perubahan setiap calon peserta sertifikasi guru wajib mengikuti Ujian Kompetensi Awal (UKA) atau saat ini dinamakan UKG. Bagi yang lulus maka mereka berhak mengikuti PLPG, bagi yang tidak lulus mereka harus mengikuti UKG ditahun berikutnya. Jika tidak lulus lagi ditahun 2015, tahun terakhir program ini, maka mereka diwajibkan ikut Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama 1- 2 semester untuk mendapatkan sertifikasi guru dengan biaya sendiri.

Untuk lulus UKG online di tahun 2013 ini setidaknya para peserta harus lulus dengan nilai minimal yang sudah ditetapkan secara nasional yaitu 70. Jika merunut hasil Ujicoba UKG untuk guru yang sudah bersertifikasi saja hasil rata-rata mereka hanya 44,55 maka dapat diprediksi akan banyak peserta UKG 2013 yang tidak akan lulus. Mengingat kualitas guru kita hampir sama saja dari tahun ke tahun.

Namun, seperti UKA tertulis di tahun 2012 lalu ketika secara nasional banyak peserta yang mendapatkan nilai rendah, akhirnya pemerintah mengkesampingkan nilai minimal 70 tersebut. Buktinya banyak yang lolos dibandingkan dengan yang gagal. Banyak guru yang ditetapkan lulus, walaupun rata-rata nilai mereka jeblok. Karena dari nilai maksimal yang bisa diperoleh 100, rata-rata guru hanya mendapatkan nilai antara 30 sampai 50 di seluruh tingkatan diseluruh Indonesia.

Oleh karenanya bagi para guru peserta UKG online 2013 tidak perlu risau dengan standar kelulusan karena di tahun 2013 ini pemerintah menetapkan kouta PLPG masih sama seperti tahun lalu yaitu 350.000 kursi (baca: 700 Ribu Guru Bersaing Ikuti Sertifikasi Guru Pada Agustus Mendatang).

Sumber: kompasiana.com

Incoming search terms:

  • syarat kelulusan ukg
  • syarat mengikuti ukg
  • standar nilai kelulusan ukg 2014
  • syarat kelulusan UKg 2014
  • syarat lulus UKG
  • kriteria kelulusan ukg 2014
  • kriteria kelulusan ukg
  • kriteria lulus ukg 2014
  • Kriteria lulus UKG
  • syarat lulus sertifikasi guru
Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

One Response to “Mengetahui Syarat Kelulusan UKG Online 2013”

  1. Terima kasih atas beritanya pak….

Leave a Reply