Kuota Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2014

Para pembaca Blog Info Sertifikasi Guru, pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan kepada anda informasi tentang kuota peserta sertifikasi guru tahun 2014. Informasi tersebut kami kutip dari situs forumptk.org dan berikut info selengkapnya:

Untuk dapat diikut sertakan sebagai calon peserta sertifikasi guru 2014, maka guru-guru yang belum bersertifikat pendidik harus memenuhi syarat-syarat calon peserta sertifikasi guru 2014 yang telah ditetapkan. Diantaranya adalah sudah harus menjadi guru sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 mengenai Guru dan Dosen (UUGD) diterbitkan yakni 30 Desember 2005 serta sudah harus berlatar belakang Akademis Strata 1 (S-1) dibuktikan dengan foto copy ijazah S1 yang telah dilegalisir oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah tersebut. Bagi yang menjadi guru dalam rentang waktu tahun 2006 s.d 2015, agaknya masih harus bersabar, karena pola sertifikasinya masih dalam pembahasan, apakah akan menempuh jalur PLPG ataupun jalur PPG. Sertifikasi pola PLPG akan berakhir pada tahun 2015. Pada tahun 2016, sertifikasi guru pola PLPG akan ditiadakan, diganti dengan sertifikasi pola PPG dalam jabatan. Sertifikasi pola PPG sendiri ada dua, yaitu PPG dalam jabatan dan PPG pra jabatan. Sertifikasi guru/PPG pra jabatan telah dilaksanakan di beberapa LPTK, khususnya bagi mahasiswa calon guru.

Meskipun demikian, masih banyak pertanyaan dilapangan, apakah setelah mengikuti UKG 2013 atau UKG 2014 guru secara otomatis akan terdaftar sebagai peserta sertifikasi guru 2014? Kali ini forum PTK mencoba menjelaskan agar tidak ada lagi keraguan mengenai keikut sertaan sebagai calon peserta sertifikasi guru 2014.

Beberapa hal penting yang harus diketahui oleh guru-guru yang belum bersertifikat pendidik adalah :

  • Setelah pelaksanaan UKG 2014, akan dilakukan perangkingan data-data awal calon peserta secara NASIONAL. Perangkingan didasarkan pada USIA, MASA KERJA dan GOLONGAN. Perangkingan dilakukan secara Descending artinya diurutkan dari yang data Usia paling tua, Masa Kerja paling lama dan golongan paling tinggi.
  • Seperti halnya pelaksanaan sertifikasi 2013 lalu, pada tahun 2014 ini tidak ada kuota kabupaten/kota. Yang ada adalah kuota nasional. Pada tahun 2014 ini kuota sertifikasi secara nasional adalah 150.000 orang.
  • Salah satu syarat untuk dapat diikut sertakan sebagai calon peserta sertifikasi 2014 adalah sudah harus mengikuti UKG 2013 atau UKG 2014, tetapi bukan berarti guru yang telah mengikuti UKG 2013/2014 akan secara otomatis menjadi calon peserta sertifikasi guru.
  • Meskipun seorang guru telah memenuhi syarat sebagai calon peserta sertifikasi guru 2014, tetapi hal ini tidak menjamin guru tersebut secara otomatis menjadi peserta sertifikasi guru 2014, karena setelah dirangking menurut kriteria diatas, barulah diambil sebanyak 150.000 orang guru yang berada dalam daftar teratas sebagai calon peserta sertifikasi 2014. Akan ada dua kriteria guru yang memenuhi syarat yaitu guru yang berada didalam kuota dan berada diluar kuota.

Disebabkan kuota sertifikasi guru 2014 adalah kuota nasional, sehingga bisa saja sebaran guru sertifikasi menjadi tidak merata. Sesuai dengan sebaran data perangkingan berdasarkan usia, masa kerja dan golongan. Dapat saja sebuah daerah memiliki jumlah guru yang disertifikasi lebih sedikit dibandingkan kabupaten yang lain.

Incoming search terms:

  • daftar plpg kab purworejo tahun 2014
  • Apakah PLPG YG 2014 AKAN DI TIADAKAN
  • daftar peserta plpg 2014 kab purworejo
  • daftar peserta plpg kab purworejo th 2014
  • daftar PLPG Kab Purworejo
  • info guru yg bukan s1 sertifikasi ditiada kan
  • peserta plpg iain sby kuota 2014
  • peserta sertifikasi purworejo 2014
  • Pola pelaksanaan PLPG UNJ jakarta
Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

Leave a Reply